Jangan pernah menyepelekan pemilihan jasa ekspedisi untuk bisnis Anda, ya.
Daftar Isi
Sebab, satu kesalahan dalam memilih pengiriman barang untuk bisnis bisa berakibat fatal, seperti keterlambatan, barang rusak saat diterima, dan operasional bisnis terhambat.
Nah, untuk menghindarinya, ada lima tips penting yang wajib Anda perhatikan sebelum mengambil keputusan final.
Tips Memilih Pengiriman Barang untuk Bisnis
1. Sesuaikan dengan Jenis Produk dan Anggaran
Pertama, analisa kebutuhan bisnis Anda. Sebab, tidak semua jasa pengiriman cocok untuk setiap jenis produk.
Misalnya, pengiriman barang pecah belah membutuhkan ekspedisi yang menyediakan layanan penanganan khusus (special handling), opsi pengepakan packing kayu, dan jaminan asuransi untuk barang rusak.
Pilih ekspedisi yang memiliki rekam jejak baik dalam menangani produk sejenis, ya.
Selanjutnya, tentukan struktur biaya per kilogram atau per dimensi yang paling efisien untuk margin keuntungan Anda.
Lakukan perbandingan tarif antara beberapa penyedia untuk rute-rute pengiriman utama Anda. Jangan lupa tanyakan tentang biaya tambahan, seperti asuransi, biaya penanganan khusus, atau fuel surcharge.
2. Periksa Jangkauan Area dan Reputasi Ketepatan Waktu
Pastikan calon mitra ekspedisi Anda memiliki cakupan luas hingga ke kota-kota kecil atau daerah terpencil tempat pelanggan berada.
Selanjutnya, cari tahu reputasi ekspedisi tersebut dengan membaca ulasan dari pebisnis lain. Keterlambatan yang sering terjadi akan menghasilkan ulasan negatif untuk toko Anda, bukan hanya untuk kurirnya.
3. Pastikan Adanya Sistem Tracking dan Layanan Penjemputan
Pasti ada rasa khawatir saat mengirimkan barang untuk bisnis, apalagi dalam jumlah banyak. Sebab itu, pilih ekspedisi yang memiliki sistem pelacakan (tracking) jelas.
Setidaknya, nomor CS-nya bisa dihubungi dan responsif dalam menjawab pertanyaan posisi paket.
Sementara itu, layanan penjemputan (pickup) akan sangat menghemat waktu, tenaga, dan biaya operasional Anda.
Daripada harus mengantar tumpukan paket ke gerai, kurir akan datang langsung ke lokasi bisnis Anda untuk mengambilnya.
4. Evaluasi Kualitas Customer Service
Ketika terjadi masalah, contohnya paket hilang, barang rusak, atau pengiriman terlambat, kualitas layanan pelanggan dari pihak ekspedisi sangat penting.
Sebab itulah, Anda memerlukan partner logistik yang responsif dan solutif.
Uji coba dengan menghubungi customer service mereka untuk menanyakan beberapa hal dan lihat seberapa cepat dan profesional respon mereka.
5. Pilih Mitra yang Menyediakan Layanan Lengkap
Mencakup semua aspek pengiriman, mulai dari pilihan armada pengiriman, metode pengiriman (darat, laut, udara), opsi asuransi, layanan pickup, dan lainnya.
Bersama mitra ekspedisi yang serba bisa, Anda tidak perlu lagi mencari vendor baru saat ingin meluncurkan produk dengan kebutuhan khusus atau saat volume pengiriman meningkat pesat. Semua kebutuhan logistik Anda dapat terpenuhi dalam satu pintu!
Kirim Banyak Barang Lebih Hemat bersama Mitralogistics!
Butuh ekspedisi pengiriman hemat untuk barang dalam jumlah besar?
Mitralogistics siap menangani kebutuhan pengiriman Anda, mulai dari skala kecil hingga industri, ke seluruh wilayah Indonesia. Dapatkan potongan harga terbaik untuk pengiriman di atas 500 kg dengan harga mulai dari Rp4500/kg min 100 kg saja!
Yuk, konsultasikan kebutuhan pengiriman Anda sekarang juga dan dapatkan penawaran terbaik langsung via WhatsApp kami!





