Sedang bertanya-tanya mengapa ongkos kirim untuk mengirim barang terus meningkat dan pelanggan sering mengeluh? Bisa jadi, masalahnya karena Anda melakukan kesalahan dalam pengiriman barang.
Daftar Isi
Jika kesalahan pengiriman barang terjadi, hal itu dapat membuat pelanggan kecewa. Akhirnya, mereka tidak akan ragu beralih ke kompetitor.
Sebelum hal lebih buruk terjadi, ketahui kesalahan-kesalahan yang harus dihindari saat mengirim barang di artikel ini, yuk!
Kesalahan Pengiriman Barang yang Sering Terjadi!
1. Packing yang Tidak Sesuai Standar
Misalnya, menggunakan kardus terlalu tipis, kurang material pelindung, atau membiarkan ada ruang kosong di dalam paket. Kesalahan ini dapat berdampak fatal, khususnya untuk barang pecah belah.
Anggap saja ada seorang pengusaha kerajinan tangan mengirimkan satu set vas keramik ke pelanggan di luar kota.
Karena hanya menggunakan kardus bekas dan sedikit gumpalan koran sebagai pelindung, vas tersebut tiba dalam keadaan pecah berkeping-keping. Pelanggan tentu saja kecewa, meminta pengembalian dana, dan memberikan ulasan buruk di media sosial.
Dari sini bisa kita ambil kesimpulan bahwa packing yang tidak sesuai standar akan menimbulkan banyak kerugian, bukan cuma biaya produk dan ongkos kirim, tetapi juga reputasi bisnis.
2. Kesalahan Informasi Alamat dan Label
Kesalahan penulisan alamat, kode pos, atau nomor telepon penerima kerap dianggap sepele. Padahal, dampaknya sangat merepotkan. Paket akan dikembalikan ke pengirim, pengiriman tertunda berhari-hari, atau paling buruknya bisa hilang.
Biaya kirim ulang dan waktu terbuang untuk mengurus masalah ini adalah kerugian yang seharusnya bisa dihindari.
3. Salah Menghitung Biaya Pengiriman
Banyak penjual tidak paham perbedaan antara berat aktual (timbangan) dan berat volumetrik (dimensi).
Untuk barang ringan namun memakan banyak tempat, perusahaan ekspedisi akan menggunakan berat volumetrik yang nilainya bisa jauh lebih besar. Jika salah menghitung ini, Anda bisa-bisa akan merugi.
Contoh kasusnya begini, sebuah toko online menjual lemari custom yang berat timbangannya hanya 15 kg, tapi ukurannya besar. Penjual hanya menagih ongkos kirim berdasarkan berat 15 kg kepada pelanggan.
Kenyataannya, setelah dihitung oleh pihak ekspedisi menggunakan rumus volumetrik, berat paket tersebut menjadi 25 kg. Akibatnya, penjual harus menombok selisih ongkos kirim dan membuat keuntungan dari penjualan tersebut menjadi minus.
4. Mengabaikan Pentingnya Asuransi
Untuk menekan biaya, beberapa penjual memilih untuk tidak menggunakan asuransi pengiriman, terutama untuk barang yang dianggap tidak terlalu mahal.
Namun, ini sangat berisiko. Jika paket hilang atau rusak parah dalam perjalanan, Anda tidak akan mendapatkan ganti rugi apa pun. Kerugian akan menjadi 100% tanggungan bisnis Anda.
5. Memilih Layanan Ekspedisi yang Tidak Tepat
Setiap jasa ekspedisi memiliki keunggulan masing-masing. Menggunakan kurir reguler khusus pengiriman dokumen dan paket kecil untuk mengirimkan mesin seberat 30 kg adalah pilihan yang tidak efisien dan mahal.
Hindari memilih layanan yang tidak sesuai dengan jenis, ukuran, dan berat barang karena akan berujung pada biaya membengkak dan penanganan kurang optimal.
Minimalisir Kesalahan Pengiriman Barang dengan Memilih Jasa Ekspedisi yang Tepat!
Kabar baiknya, semua kesalahan pengiriman barang di atas dapat diminimalisir kalau Anda memilih jasa ekspedisi yang tepat, seperti Mitralogistics!
Sebagai partner logistik tepercaya sejak 2011, Mitralogistics memahami semua kekhawatiran Anda.
Mulai dari konsultasi awal, membantu menghitung biaya, hingga menawarkan layanan packing profesional, Mitralogistics tidak membiarkan Anda bingung dan akan membantu di setiap tahap pengirimannya.
Seperti pengalaman pelanggan satu ini:
Layanan Mitralogistics memuaskan. CS merespon dengan baik dan cepat, mulai dari informasi hingga survey ke lokasi. Terima kasih banyak untuk proses packing, loading barang hingga barang tiba ditempat tujuan. Packing rapi dan penyusunan barang di truck juga rapi, sehingga tidak ada barang yang rusak. Sukses untuk Mitralogistics! – P****** (Google Review)
Andalkan Mitralogistics untuk setiap pengiriman barang Anda! Hubungi tim CS kami sekarang melalui WhatsApp atau Live Chat untuk konsultasi GRATIS dan dapatkan penawaran harga terbaik!





