Ekonomi Manajerial: Pengambilan Keputusan dengan Analisis SWOT pada Perusahaan PT NAIRA MITRALOGISTIK INDONESIA

Ekonomi Manajerial: Pengambilan Keputusan dengan Analisis SWOT pada Perusahaan PT NAIRA MITRALOGISTIK INDONESIA

5
(1)

Oleh : Maidar Ferianto
(Mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Fakultas Sosial Sains Universitas Pembangunan Panca Budi Medan)

Latar Belakang

Ekonomi Manajerial – Menghadapi tantangan tahun 2024, semua perusahaan jasa pengiriman barang mengevaluasi kembali strategi dari pengalaman yang diperoleh di tahun 2023. Aktivitas Logistik sangat bergantung dari aktivitas perdagangan. Oleh karena itu, perlu menggali lebih dalam potensi yang dimiliki perusahaan jasa pengiriman barang dari aktifitas yang sudah dilakukannya terutama untuk industri logistik lokal.

Adanya pesaing asing dalam industri logistik di Indonesia, diharapkan dengan menemukan peluang bisa menghadapi tantangan di tahun 2024. Pada artikel kali ini, penulis memfokuskan pada perusahan jasa pengiriman lokal di Indonesia. Bagaimana dengan analisis SWOT bisa membantu logistik lokal menghadapi persaingan di pasar. Dengan meningkatkan produktifitas logistik lokal bisa turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Penggunaan analisis SWOT pada perusahaan jasa pengiriman barang sangat penting untuk memahami posisi perusahaan dalam lingkungan bisnisnya. Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) membantu perusahaan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang dapat memengaruhi kinerja bisnisnya.

Ekonomi Manajerial: Mengenal Mitra Logistics

Mitra logistics adalah perusahaan logistik yang berdomisili dikota medan dan terus berkomitmen menjadi salah satu penyedia jasa kirim barang terbaik serta solusi bagi masalah kirim barang ke semua pelanggan di pelosok tanah air. Dengan mempermudah proses pengiriman barang, menghubungkan pelanggan dengan penerima barang dengan aman dan tepat waktu serta dapat melibatkan memastikan bahwa barang-barang pelanggan dikirim dengan aman, cepat, dan tanpa masalah, sehingga membantu bisnis dan individu mencapai tujuan mereka melalui layanan pengiriman yang dapat diandalkan.

Untuk menghadapi tantangan pada perusahaa jasa pengiriman, beberapa faktor yang akan dibahas adalah:

  1. Untuk menghadapi tantangan pada perusahaa jasa pengiriman, beberapa faktor yang akan dibahas adalah :
    Menilai keunggulan dan kelemahan internal.
  2. Mengindentifikasi peluang pasar.
  3. Menghadapi tantangan eksternal.
  4. Merencanakan strategi bisnis

Dengan pembahasan keempat faktor tersebut diharapkan bisa membantu untuk meningkatkan daya saing. Bagaimana penentuan strategi dengan pendekatan analisis SWOT dapat menghadapi persaingan bisnis.

Pembahasan

Logistik lokal indonesia tentunya perlu memperhatikan reputasi perusahaan agar bisa menarik perhatian pembeli dan mempertahankan pelanggannya. Pengalaman pelanggan yang baik berperan penting dalam membangun reputasi perusahaan. Jika pelanggan merasa puas dengan layanan dan keamanan barang dalam pengiriman, mereka cenderung memberikan ulasan positif yang akan mempengaruhi reputasi perusahaan secara keseluruhan.

Dari pengalaman mitralogistics melayani konsumen, ada beberapa reputasi perusahaan jasa pengiriman barang yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Keandalan: Perusahaan yang dianggap dapat diandalkan dalam mengirimkan barang tepat waktu dan dengan keadaan yang baik memiliki reputasi yang baik. Jika perusahaan sering kali mengalami keterlambatan atau kerusakan barang, reputasinya bisa tercemar.

2. Kualitas Layanan: Perusahaan yang memberikan layanan pelanggan yang baik dan responsif, seperti memberikan informasi yang akurat tentang status pengiriman dan memberikan bantuan dengan keluhan atau masalah, akan membangun reputasi positif sebagai perusahaan yang peduli terhadap kebutuhan pelanggan.

3. Efisiensi Operasional: Perusahaan yang memiliki proses operasional yang efisien, mulai dari proses penerimaan barang hingga pengiriman yang akurat dan cepat, akan dikenal sebagai perusahaan yang dapat diandalkan.

4. Keselamatan dan Keamanan: Perusahaan yang memiliki kebijakan dan prosedur yang ketat dalam menjaga keselamatan dan keamanan barang akan membangun reputasi sebagai perusahaan yang dapat dipercaya dalam mengirimkan barang dengan aman.

5. Kenyamanan dan Kemudahan: Perusahaan yang menyediakan layanan yang nyaman dan mudah digunakan, seperti pengambilan barang di rumah atau kantor pelanggan dan fitur pelacakan paket online, akan dikenal sebagai perusahaan yang ramah pengguna.

Semua faktor ini akan berkontribusi pada reputasi perusahaan jasa pengiriman barang dan akan mempengaruhi bagaimana perusahaan tersebut dinilai oleh pelanggan dan pesaing di industri tersebut.

Pendekatan untuk mengetahui posisi perusahaan setelah perusahaan melakukan identifikasi kondisi internal dan ekseternal adalah melalui analisis SWOT. Pengidentifikasian masalah dilakukan dengan analisis SWOT untuk memudahkan penulis menentukan aspek-aspek penting dari perusahaan. Analisis ini dilakukan agar apa yang menjadi target perusahaan dapat tercapai sesuai dengan yang direncanakan.

Analisis SWOT membantu pihak manajemen perusahan untuk mengambil keputusan dalam strategi yang dilakukan dan menilai apakah memiliki hubungan dan peran penting dalam pengambilan keputusan. Pembahasan artikel ini mengenai faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan yang didapatkan melalui wawancara dengan pihak manajemen perusahaan PT. NAIRA MITRALOGISTIK INDONESIA.

TAHAP ANALISIS SWOT

Menurut Boulton dalam Rangkuti (2014:15), proses untuk melaksanakan analisis suatu kasus dapat dilihat pada diagram Proses Analisis Kasus.

Gambar Analisis Numerik
Gambar Analisis Numerik

Dari wawancara dengan manajemen perusahaan PT NAIRA MITRALOGISTIK INDONESIA untuk mengetahui rencana strategi perusahaan, maka selanjutnya akan dilakukan penganalisisan menggunakan table matriks SWOT untuk mengetahui strategi-strategi apa yang akan dilakukan perusahaan berdasarkan dari kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang ada.

Analisis SWOT
Analisis SWOT

Rekomendasi Strategi:

Berdasarkan analisis ini, perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan kekuatan internal seperti teknologi informasi dan jaringan distribusi. Selain itu, strategi perusahaan dapat difokuskan pada ekspansi internasional dan peningkatan efisiensi operasional untuk mengatasi tantangan eksternal seperti persaingan yang ketat dan fluktuasi harga bahan bakar. Dengan memanfaatkan peluang dalam peningkatan permintaan e-commerce dan teknologi baru, perusahaan dapat mengoptimalkan posisi mereka di pasar logistik.

Strategi lain yang bisa diterapkan perusahaan adalah :

  1.  Jaringan Distribusi Luas: Perusahaan memiliki jaringan distribusi yang luas, mencakup berbagai wilayah dengan layanan pengiriman yang handal dan efisien.
  2. Teknologi Informasi yang Canggih : Penggunaan teknologi informasi modern untuk pelacakan pengiriman secara real-time, manajemen stok, dan otomatisasi proses logistik memberikan keunggulan kompetitif.
  3.  Armada Pengiriman yang Diversifikasi: Koleksi armada pengiriman yang beragam, termasuk truk, kapal, dan pesawat terbang, memungkinkan perusahaan untuk menyediakan solusi pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  4.  Kemitraan Strategis: Perusahaan memiliki kemitraan yang kuat dengan pihak ketiga, termasuk e-commerce dan produsen, untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan volume pengiriman.

Kesimpulan dan Saran

Dari penjelasan di atas, penulis dapat menyimpulkan beberapa hal penting tentang posisi strategis perusahaan jasa pengiriman barang berdasarkan analisis SWOT:

1. Kekuatan Utama:

  • Efisiensi operasional yang tinggi, teknologi informasi canggih, dan kemitraan dengan penyedia logistik handal merupakan kekuatan utama perusahaan.

2. Kelemahan yang Perlu Diperbaiki

  • Ketergantungan pada sistem teknologi yang kompleks dan kurangnya diversifikasi layanan pengiriman adalah kelemahan yang perlu diperbaiki.

3. Peluang untuk Dimanfaatkan:

  • Peluang pertumbuhan pasar logistik global, perkembangan teknologi baru dalam manajemen rantai pasokan, dan peningkatan e-commerce dan penjualan online dapat dimanfaatkan.

4. Ancaman yang Harus Diatasi:

  • Ancaman persaingan ketat dari perusahaan pengiriman lainnya dan perubahan regulasi terkait lingkungan dan perpajakan perlu diatasi dengan strategi yang tepat.

5. Strategi yang Disarankan:

  • Strategi SO (Maksimalkan Kekuatan dan Peluang) seperti memanfaatkan efisiensi operasional untuk pertumbuhan global.
  • Strategi WO (Atasi Kelemahan dengan Peluang) seperti diversifikasi layanan pengiriman untuk memanfaatkan pasar global.
  • Strategi ST (Atasi Ancaman dengan Kekuatan) seperti meningkatkan ketergantungan pada teknologi untuk bersaing di industri.
  • Strategi WT (Mengurangi Kelemahan dan Menghindari Ancaman) seperti mengurangi ketergantungan pada teknologi dan diversifikasi layanan pengiriman.

Dengan mengimplementasikan strategi-strategi ini, perusahaan dapat memaksimalkan kekuatan, mengatasi kelemahan, memanfaatkan peluang, dan menghadapi ancaman, sehingga meningkatkan posisi strategisnya di pasar jasa pengiriman barang.

Dengan mengimplementasikan strategi-strategi ini, perusahaan dapat memaksimalkan kekuatan, mengatasi kelemahan, memanfaatkan peluang, dan menghadapi ancaman, sehingga meningkatkan posisi strategisnya di pasar jasa pengiriman barang.

Saran dari penulis setelah wawancara dan kunjungan ke kantor mitralogistics, yaitu:

  1. Mempertahankan kualitas dan pelayanan untuk menarik konsumen.
  2. Meningkatkan kemampuan manajemen dan kerjasama untuk tujuan perusahaan
  3. Memanfaatkan kemajuan teknologi untuk pemasaran
  4. Mempertahankan citra atau image Perusahaan
  5. Memberikan layanan gratis pickup barang
  6. Melayani pangsa pasar menengah ke bawah dengan menyedian pengiriman paket atau barang dengan berat khusus.
  7. Meningkatkan fasilitas kantor untuk konsumen yang datang ke kantor mitralogistics.

Penulis sepenuhnya menyadari bahwa artikel ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat dibutuhkan untuk menjadi bahan acuan dalam penulisan artikel berikutnya. Selanjutnya penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya jika dalam artikel ini terdapat banyak kesalahan, atas partisipasinya, diucapkan banyak terima kasih.

Daftar Pustaka

Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Riszky Ramadhan Nourlette, Shinta Wahyu Hati. (2017). Penentuan Strategi dengan AnalisisvPendekatan SWOT pada Hotel Nongsa Point Marina & Resort dalam Menghadapi Persaingan Bisnis. Jurnal Inovasi Bisnis Vol.5 No.01.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

Nilai rata-rata 5 / 5. Jumlah vote 1

Belum ada penilaian, jadi yang pertama menilai artikel ini.

× Hubungi Kami