Apa Itu Ekspedisi ?

 

Ekspedisi adalah  jasa pengiriman Barang atau pengangkutan barang. Jasa ekspedisi murah pengiriman barang semakin banyak ditemui di Indonesia karena semakin banyak nya transaksi via online ataupun melakukan transaksi di kota tertentu.

Jasa ekspedisi biasanya memberikan harga sesuai dengan berat barang dan tujuan dan jarak yang akan di tempuh antar kota yang ada di Indonesia. Semakin berat barang dan jarak tujuan yang semakin jauh maka harga pengiriman barang akan semakin mahal.Banyak munculnya perusahaan baru Jasa Ekspedisi didorong oleh efek Pandemi Covid-19. Dengan adanya jasa ekspedisi maka pengiriman barang dari suatu kota ke kota lain akan lebih mudah.

Perbedaan Ekspedisi dan Kargo

Kalau di liat-liat hampir tidak ada perbedaan antara ekspedisi atau kargo, yaitu memberikan jasa pengiriman dan juga mendistribusikan barang atau paket pada yang berhak menerimanya. Namun yang dapat membedakan keduanya adalah penilaian yang diberikan  oleh sebagian masyarakat, yaitu;

  • Ekspedisi: Pengiriman retail dengan jumlah yang Lebih sedikit, dari jumlah yang Juga dapat dikatakan ekspedisi regular.
  • Kargo: Pengiriman dalam jumlah yang lebih besar, atau pengiriman dengan perlakuan khusus terhadap barang kiriman.

Setiap Jasa Ekspedisi biasanya akan memberikan layanan berupa jasa pengiriman kilat, pengiriman standart, atau jenis pengiriman lainnya.

Manfaat Jasa Ekspedisi

Banyak manfaat dari jasa ekspedisi Mulai dari Pengiriman Dokumen Penting,Pengiriman Secara Kilat,Pengiriman Barang Berharga,Kepercayaan terjamin dengan Garansi, dan Kemudahan Pengiriman Ekspor/Impor /Antar Barang /Antar Daerah.

Cek Harga

Kunjungi website di samping, https://www.mitralogistics.co.id/ biasanya memberikan harga sesuai dengan berat barang dan jarak yang akan ditempuh. Semakin berat barang dan jarak tujuan yang semakin jauh maka harga pengiriman barang akan lebih mahal.

Pengemasan Barang (Packing)

untuk menjamin keselamatan barang yang ingin di kirimkan tanpa adanya kerusakan, maka metode dan jenis pengemasan barang juga sangat mempengaruhi terhadap barang yang akan dikirim. Barang pecah belah, minuman dan makanan biasanya akan memberikan perhatian lebih dalam kepada pengemasannya bahkan beberapa ekspedisi tidak mau menerima barang-barang tersebut jika tidak di kemas dengan baik.

Cara Kerja Jasa Ekspedisi

Cara kerja suatu perusahaan ekspedisi biasanya akan di bagi menjadi beberapa tahap yaitu :

1.     Barang Yang Akan Dikirimkan

Barang yang ingin di kirim tersebut tentu saja yang tidak masuk melanggar hukum dan memang sudah sesuai dengan peraturan perusahaan tersebut yang memang dapat di lakukan pengiriman.

2.     Packing

Jenis dan kekuatan packing akan begitu berpengaruh terhadap barang yang akan di kirim tersebut. Selain itu untuk barang yang memiliki jenis seperti benda-benda pecah belah, makanan, cairan dll yang akan di kirimkan tersebut harus benar-benar di perhatikan karena nantinya akan ada beberapa jenis barang yang tidak akan mau untuk mengangkut barang dalam bentuk pecah belah. Jika packing yang sudah kita buat tidak kuat maka  malah akan sangat berbahaya.

3.     Mengurus surat-surat

Surat-surat yang di maksud di sini adalah untuk administrasi dan bea cukai pada pihak yang memang sedang bersangkutan. Dalam hal ini pihak ekspedisilah yang akan mengurus segalanya dan hanya akan meminta dokumen-dokumen ke kamu yang nantinya akan di perlukan.

Tips Untuk Melakukan Sebuah Pengiriman

1.      Cari Tahu Syarat Dan Ketentuan Penyedia Jasa Ekspedisi Yang Akan Kamu Gunakan

Mencaritahu perusahaan ekspedisi tersebut dengan detail sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan jasanya. Kamu juga dapat mempertanyakan pada pelanggan sebelumnya apakah memuaskan atau tidak.

2.     Pakai Perlindungan Ekstra

Jika kamu ingin mengirimkan sebuah benda elektronik maka akan membutuhkan suatu perlindungan yang ekstra agar lebih aman ketika nanti dalam pengiriman sehingga barang tersebut tidak akan rusak.

3.     Asuransikan Barang Yang Akan Kamu Kirim Tersebut

Informasikan merek, detail barang dan nilai harganya beserta mengenai produk tersebut. Akan lebih baik jika kamu tidak membungkusnya dengan rapat terlebih dahulu barang yang memang akan kamu asuransikan tersebut. Karena nantinya akan ada beberapa perusahaan akan melihat langsung tersebut sampai ke dalaman kotak yang akan di gunakan.

× Hubungi Kami