Asuransi di jasa pengiriman barang

Asuransi di jasa pengiriman barang

0
(0)

jasa pengiriman barang – saat mengirimkan barang kamu memerlukan perhatian mengenai keamanan barang. Oleh karena itu di butuhkan layanan asuransi yang bisa melindungi barang kamu dari kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman.

Di artikel ini kita akan membahas pengertian asuransi pengiriman, keuntungan yng di tawarkan asuransi pengiriman dan pentingnya mempertimbangkan asuransi pengiriman saat mengirimkan barang.

Pengertian Asuransi

Asuransi pengiriman merupakan jenis asuransi yang digunakan untuk melindungi barang atau kargo selama proses pengiriman, yang bertujuan untuk melindungi pengirim atau penerima barang dari kerusakan atau kehilangan barang selama proses pengiriman.

Asuransi pengiriman biasanya tersedia dan dibeli oleh pengirim barang yang mencakup bermacam risiko yang kemungkinan terjadi selama pengiriman termasuk kerusakan, kehilangan dan pencurian.

Keuntungan Asuransi Pengiriman

Kira-kira untung gak sih menggunakan layanan asuransi dalam pengiriman ? pasti untung karena dengan kamu menggunakan Asuransi Pengiriman barang kamu bisa melindungi barang yang dikirim dari kerusakan atau kehilangan selama proses pengiriman.

  1. Asuransi melindungi barang berharga atau barang penting

Misalnya barang yang dikirim adalah barang berharga atau barang penting, jika terjadi kerusakan atau kehilangan selama pengiriman pastinya akan menimbulkan masalah besar bagi pengirim atau penerima barang.

Dengan memiliki asuransi pengiriman maka, pengirim atau penerima barang lebih tenang dan yakin barang akan dilindungi dan mereka akan mendapatkan kompensasi jika terjadi kerusakan atau kehilangan.

  1. Asuransi pengiriman memiliki biaya terjangkau

Karena biasanya asuransi pengiriman memiliki tarif Sebagian kecil dari nilai barang. Tapi, jika terjadi kerusakan atau kehilangan biaya kompensasi yang di berikan cukup besar.

  1. Asuransi pengiriman bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Jika kamu adalah seorang pembisnis atau pengusaha yang sering mengirimkan barang ke pelanggan, dengan menawarkan asuransi pengiriman dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Karena pelanggan bisa yakin tenang.

saat memesan barang, karena pelanggan tahu jika terjadi kerusakan atau kehilangan selama pengiriman. Barang akan dilindungi asuransi.

  1. Melindungi barang dari risiko selama pengiriman.

Kehilangan atau kerusakan barang bisa terjadi akibat beberapa alasan seperti kesalahan manusia, kecelakaan transportasi dan bencana alam yang risikonya tidak bisa di hindari.

  1. Asuransi mengurangi risiko kerugian bagi pengirim maupun penerima barang.

Dengan asuransi pengiriman kamu akan mendapatkan biaya kompensasi yang biasanya biaya di tanggung oleh perusahaan asuransi.

Pentingnya Asuransi Pengiriman

Seberapa penting sih asuransi ? tahukah kamu tanpa menggunakan asuransi pengiriman, pengirim atau penerima barang menghadapi risiko kerusakan atau kehilangan barang, belum lagi jika risiko ini cukup besar jika barang yang di kirim memiliki nilai fantasis.

Untuk pembisnis yang mengirimkan barang secara teratur dapat membantu mengurangi risiko kerugian, bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan dan proteksi barang dari kerusakan dan kerugian.

Jenis Asuransi Pengiriman

Adapun jenis asuransi pengiriman yang bisa kamu pilih di jasa pengiriman :

  1. Asuransi All Risk

Jenis asuransi ini adalah asuransi lengkap dan melindungi barang kiriman dari semua risiko terkecuali secara spesifik dalam polis. Risiko ini mencakup meliputi kehilangan, kerusakan dan kehancuran total atau Sebagian. Walaupun premi jenis ini lebih tinggi namun berguna bagi barang berharga atau sensitive dari jarak jauh.

  1. Asuransi Total Loos Only (TLO)

Asuransi ini melindungi barang kiriman kamu dari kehilangan atau kerusakan yang cukup besar, dalam asuransi ini kehilangan atau kerusakan harus mencapai ambang batas tertentu yang dicover oleh asuransi. Jadi, premi yang dibayarkan lebih murah daripada asuransi All Risk.

  1. Asuransi kecelakaan pesawat atau kapal

Asuransi ini melindungi dari risiko kecelakaan pada pesawat atau kapal yang mengangkut barang, biasanya di gunakan oleh bisnis yang mengirimkan barang secara teratur menggunakan pesawat atau kapal.

  1. Asuransi Pengangkutan Darat

Asuransi ini melindungi barang dari risiko selama transportasi darat seperti mobil, kereta atau truk, yang biasanya digunakan untuk bisnis yang mengirimkan barang dengan jumlah besar secara rutin.

  1. Asuransi pergudangan

Asuransi digunakan untuk melindungi barang selama disimpan di Gudang atau tempat penyimpanan, yang berguna untuk bisnis yang menyimpan barang untuk jangka waktu yang lama sebelum ke tujuan akhir.

  1. Asuransi pengiriman Internasional

Asuransi ini melindungi barang dari risiko selama perjalanan transportasi internasional yang biasanya menawarkan cakupan lebih luas seperti risiko kerusakan selama proses pabean.

Pilihlah jenis asuransi tepat sesuai jenis dan nilai barang yang dikirim, risiko terkait anggaran tersedia untuk premi asuransi untuk menimalkan risiko kerugian dan melindungi barang selama proses pengiriman.

Cara klaim asuransi

Bagaimana sih proses klaim asuransi? Untuk mengikuti Langkah-langkah berikut :

  1. Melakukan laporan klaim

Laporan klaim dilakukan dengan menghubungi costumers service melalui nomor telepon atau email yang tersedia di website. Jika kamu diminta memberikan detail tentang kerusakan atau kehilangan barang yang dikirimkan serta dokumen pendukung seperti invoce dan bukti pengiriman.

  1. Proses verifikasi

Setelah menerima laporan klaim, Tim jasa ekspedisi akan melakukan verifikasi klaim yang diajukan. Meliputi pengecekan dokumen pendukung yang diberikan pelanggan dengan pemeriksaan fisik jika di perlukan.

  1. Penentuan besaran klaim

Setelah melakukan verifikasi, tim ekspedisi akan menentukan besaran klaim yang diberikan berdasarkan nilai barang yang dikirim dan jenis asuransi yang dipilih.

  1. Pembayaran klaim

Setelah besaran klaim ditentukan, tim jasa ekspedisi melakukan pembayaran klaim ke pelanggan, proses pembayaran dapat dilakukan dengan transfer lansung ke rekening pelanggan atau melalui metode pembayaran lain yang telah disepakati.

Penting diingatkan bahwa mengklaim asuransi di jasa ekspedisi, pelanggan harus melaporkan kehilangan atau kerusakan barang di waktu yang ditentukan sesuai dengan ketentuan polis asuransi dengan memberikan dokumen pendukung agar proses klaim dengan cepat dan mudah.

Jika terjadi masalah atau pertanyaan mengenai klaim asuransi, pelanggan bisa menghubungi tim ekspedisi dan meminta bantuan ke costumers service untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan efisien.

Risiko yang tidak bisa di klaim menggunakan Asuransi

Adapun risiko yang dikecualikan di dalam polis asuransi biasanya berkaitan dengan kehilangan atau kerusakan yang di sebabkan oleh keadaan yang tidak dapat dihindari seperti perang, bencana alam dan Tindakan sabotase.

Fungsi asuransi pengiriman

  1. Perlindungan terhadap risiko yang mungkin terjadi
  2. Mengurangi kerugian finansial karena terlindungi oleh asuransi
  3. Meningkatkan kepercayaan pelanggan
  4. Menghindari potensi masalah hukum di masa depan.

Akhir kata

Di dalam dunia bisnis, asuransi pengiriman adalah hal penting yang melindungi barang dari risiko yang terjadi selama pengiriman. Keuntungan memiliki asuransi adalah bisa memberikan perlindungan risiko terjadi selama pengiriman, mengurangi kerugian, meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Dengan memiliki asuransi pengiriman, pelanggan merasa aman dan lebih percaya. Jika saat ini kamu sedang mencari ekspedisi yang memiliki layanan asuransi kamu bisa menggunakan Mitralogistics karena bisa menjadi pilihan tepat, bagi kamu yang ingin mengirimkan barang secara aman dan terlindungi.

Pertanyaan yang sering di tanyakan

  1. apa yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi pengiriman ?
  • pilihlah jenis asuransi yang sesuai kebutuhan, premi yang harus dibayarkan dan syarat ketentuan polis asuransi.
  1. Apakah semua jenis barang dapat di asuransikan ?
  • Tidak semua jenis barang dapat di asuransikan, tergantung kebijakan perusahaan asuransi. Untuk jenis barang berbahaya seperti mudah terbakar mungkin tidak bisa di asuransikan.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

Nilai rata-rata 0 / 5. Jumlah vote 0

Belum ada penilaian, jadi yang pertama menilai artikel ini.

Customer Service

CS Mitralogistics

Kontak Kami

Contact CS Sumatera
Cut Ayu 0812-5883-396
Contact CS Jawa
Feri 0812-6210-4995
Contact CS Kalimantan
Fitria 0811-6338-050
Contact CS Sulawesi
Rivani 0811-6338-050

Alamat

× Hubungi Kami