Tips Merawat Mobil Pick Up untuk Muatan Berat

Tips Merawat Mobil Pick Up untuk Muatan Berat

5
(1)

Tips Merawat Mobil Pick Up – Sebagai armada bisnis andalan perusahaan maupun perorangan, mobil pick up merupakan transportasi yang paling berpengaruh terhadap distribusi bisnis untuk tetap terus berjalan.

Sebagai kendaraan yang tangguh untuk mengangkut bahan dan melawati medan terjal khususnya wilayah indonesia, perawatan mobil pick up harus maksimal agar performa dari mobil tersebut tetap berjalan dengan baik.

Oleh karena itu sebagai pemilik bisnis atau driver dari mobil pick up harus megetahui perawatan rutin  untuk menjaga mobil tersebut agar terhindar dari kerusakan. Mari pelajari tips cara merawat mobil pick up agar tetap dalam kondisi prima.

Tips Merawat Mobil Pick Up

1. Ganti Oli Secara Teratur

Pelumas atau oli merupakan hal yang paling penting untuk menjaga kondisi mesin untuk terus dalam kondisi baik. Ada banyak part bagian dalam mesin yang saling bergesekan ketika mesin hidup. Jika tidak menjaga oli mesin atau lalai dalam penggantian oli secara berkala, maka akan menyebabkan kehausan bagi mesin yang menyebabkan kerusakan pada mesin.

 

Untuk melakukan penggantian oli secara berkala maka anda harus memperhatikan jarak tempuh kendaraan dengan masa pakai yang telah ditentukan oleh produsen oli itu sendiri.

Umumnya mengganti oli tergantung dari  jarak tempuh yang berkisar 5.000 – 10.000 km. Biasanya jarak tempuh tersebut di dapat dalam waktu 6 bulan. Namun perlu digaris bawahi bahwa penggantian oli mobil tergantung dari jenis oli, masa pakai dan kondisi jalanan yang sering dipakai.

2. Pemeriksaan Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk mencegah masuknya udara kotor, debu dan pasir agar tidak masuk kedalam ruang pembakaran. hal tersebut akan mempengaruhi performa mobil untuk tetap menjaga akselerasi mobil dengan baik dan komponen mesin lainnya.

Berikut saran dan tips perawatan saluran udara mobil pick up anda diantarnya :

  • lakukan pengecekan rutin minimal 1 bulan sekali.
  • Bersihkan filter dengan angin kompressor yang bertekanan tinggi untuk membersihkan kotoran yang menempel.
  • lakukan penggantian filter udara sesuai dengan anjuran para produsen filter yang biasanya setelah jarak tempuh 20.000 – 25.000 Mil (32.186 – 40.233 km). Sebaiknya dapat melakukan penggantian dibawah dari standar untuk menjaga kondisi mobil lebih baik.

3. Gunakan Bahan Bakar yang Berkualitas Tinggi.

Mobil pick up biasanya membawa muatan yang berat bahkan beberapa orang kadang memaksa untuk membawa lebih dari kapasitas berat yang telah ditentukan oleh standar pabrik. Oleh karena itu perlu bahan bakar yang berkualitas atau RON yang sesuai untuk mendukung performa mesin agar tetap berjalan dengan baik.

4. Spooring dan Balancing

Hal yang tidak kalah penting  adalah perawatan spooring dan balancing. Spooring dan balancing ini termasuk kedalam kategori perawatan kaki-kaki mobil yang terdiri dari beberapa komponen seperti sistem rem, roda, suspensi, dan ban. Kaki kaki mobil ini sangat berperan untuk menanggung  beban bawaan dan melewati kondisi jalan yang terjal.

Fungsi spooring adalah meluruskan dudukan 4 roda mobil agar tetap stabil dalam berkendara. Sedangkan balancing berfungsi agar roda berputar sempurna dengan mengurangi getaran dan suara bising yang masuk kedalam kabin.

5. Rutin Perawatan Service Berkala di Bengkel Resmi

Perawatan rutin/service berkala merupakan hal yang wajib anda lakukan sesuai dengan tuntunan buku service pabrikan. Perawatan berkala merupakan pengecekan keseluruhan bagian mobil yang komponennya mengalami penurunan fungsi agar dilakukan perbaikan atau penggantian part.

Manfaat dari service berkala mobil pick up  adalah seperti menjaga mesin untuk tetap optimal. Hal  tersebut akan membantu anda untuk selalu memonitor kendaraan agar tidak terjadi kerusakan pada saat pemakaian.

Nah dari tips ini masih banyak kegunaan lain jika selalu merawat mobil pick up kesayangan anda. Jangan sampai mobil pick up anda rusak ya karena lalai dalam perawatan yang dapat menganggu berjalannya bisnis anda.

 

 

 

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

Nilai rata-rata 5 / 5. Jumlah vote 1

Belum ada penilaian, jadi yang pertama menilai artikel ini.

× Hubungi Kami