Sejarah Perkembangan Bisnis Logistik di Indonesia

Sejarah Perkembangan Bisnis Logistik di Indonesia

5
(6)

Perkembangan Bisnis Logistik di Indonesia

Industri logistik di Indonesia memiliki sejarah yang panjang. Pertama-tama, mulai dari zaman prakolonial. Kemudian, perkembangan industri logistik modern yang lebih terstruktur dimulai pada era pasca-kemerdekaan Indonesia.

  1. Era Pra-Kemerdekaan

Pada masa prakolonial, Indonesia sudah memiliki jalur perdagangan yang penting di Asia Tenggara. Pelabuhan-pelabuhan seperti Pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta (sekarang Pelabuhan Tanjung Priok) dan Pelabuhan Ambon telah menjadi pusat perdagangan penting di kawasan ini. Jalur perdagangan ini menghubungkan Indonesia dengan negara-negara lain di Asia dan Eropa.

  1. Era Pasca-Kemerdekaan

Kemudian, setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, pembangunan infrastruktur menjadi fokus utama untuk mendukung pertumbuhan ekonomi negara yang baru merdeka. Pada periode ini, pemerintah Indonesia mulai membangun dan mengembangkan infrastruktur transportasi seperti pelabuhan, jaringan jalan, dan sarana transportasi lainnya untuk mendukung logistik dan perdagangan.

Perkembangan lebih pesat terjadi pada tahun-tahun berikutnya, terutama setelah era Reformasi pada tahun 1998. Era ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan kemajuan teknologi informasi.

  1. Era Digital dan E-Commerce

Sejak tahun 2000-an, industri logistik di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Faktor-faktor seperti pertumbuhan ekonomi yang kuat, perkembangan teknologi, dan dukungan infrastruktur telah menjadi pendorong utama dalam perkembangan industri logistik modern di Indonesia.

Dengan masuknya era teknologi informasi dan internet, terjadi revolusi baru dalam bisnis logistik di Indonesia. Berkembangnya e-commerce di Indonesia telah mendorong permintaan akan layanan logistik yang lebih canggih dan responsif untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang kepada konsumen.

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, industri logistik di Indonesia terus berkembang dengan penggunaan teknologi yang lebih maju, peningkatan dalam infrastruktur logistik, dan fokus pada layanan yang lebih efisien dan berkelanjutan. Kolaborasi antara sektor swasta, pemerintah, dan pelaku industri lainnya juga menjadi kunci dalam mempercepat pertumbuhan industri logistik di Indonesia.

Bisnis logistik adalah kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian aliran barang, informasi, serta sumber daya lainnya dari titik asal ke titik tujuan. Ini melibatkan berbagai proses seperti penyimpanan, distribusi, pengiriman, dan manajemen rantai pasokan untuk memastikan barang atau layanan dapat sampai ke konsumen dengan efisien. Bisnis logistik membantu mengelola transportasi, penyimpanan, inventaris, dan koordinasi keseluruhan proses suplai sehingga dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Daftar Perusahaan Logistik di Indonesia

Di bawah ini adalah sejumlah perusahaan logistik yang sudah dikenal dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia oleh masyarakat, yaitu:

  1. TrawLbens
  2. Mitra Logistics
  3. Deliveree
  4. FedEX
  5. Indah Cargo
  6. JNE
  7. J&T
  8. Klik Logistik
  9. GoBox
  10. Pos Indonesia

Baca Juga : Jasa Ekspedisi Termurah

Namun, sektor logistik juga menghadapi tantangan di tingkat internasional. Permasalahan penawaran dan permintaan distribusi telah menjadi isu krusial yang menuntut keberadaan sistem distribusi yang handal. Adanya perjanjian perdagangan bebas di ASEAN telah mengarahkan pasar ke arah yang lebih kompetitif. Dalam hal ini, konsumen mengharapkan peningkatan kualitas barang dan layanan dengan biaya yang lebih rendah. Untuk menghadapi kondisi tersebut, Indonesia membutuhkan kinerja logistik yang superior untuk menilai sejauh mana sektor logistik di Indonesia telah berkembang. Indeks Kinerja Logistik (LPI) membandingkan kinerja sektor logistik suatu negara dengan negara lain. Oleh karena itu, LPI menilai nilai rata-rata pada enam dimensi kunci, seperti efisiensi proses kliring, kualitas infrastruktur perdagangan dan transportasi, kemudahan regulasi pengiriman, serta kompetensi dan kualitas jasa logistik (termasuk kemampuan pelacakan pengiriman dan ketepatan waktu dalam pengiriman) untuk mencapai tujuan dalam batas waktu yang ditentukan.

Baca Juga : Perusahaan logistik pintar (Smart Logistics)

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

Nilai rata-rata 5 / 5. Jumlah vote 6

Belum ada penilaian, jadi yang pertama menilai artikel ini.

Customer Service

Kontak Kami

Contact CS Sumatera
Cut Ayu 0812-5883-396
Contact CS Jawa
Feri 0812-6210-4995
Contact CS Kalimantan
Fitria 0811-6338-050
Contact CS Sulawesi
Rivani 0811-6338-050

Alamat

× Hubungi Kami