Bill of Lading : Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Bill of Lading : Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

5
(2)

Bill of Lading adalah dokumen yang terbit dari perusahaan pengangkut atau agennya kepada pengirim barang.

Dokumen ini berisi informasi rinci mengenai kondisi dan jenis barang yang akan dikirim, serta ketentuan dan syarat-syarat pengiriman.

Di dalamnya mencakup informasi tentang pengirim, penerima, jumlah dan jenis barang, rute pengiriman, serta biaya pengiriman.

Selain itu, daftar muatan juga menjadi komponen penting dalam rantai logistik. Dokumen ini memberikan informasi penting kepada semua pihak yang terlibat, termasuk pengirim, pengangkut, penerima, dan bank.

Daftar muatan membantu dalam mengkoordinasikan dan melacak pergerakan barang, memastikan transparansi, dan memfasilitasi komunikasi yang efektif di seluruh rantai pasok.

Beberapa Fungsi Utama dari Daftar Muatan

Salah satu fungsi utama dari daftar muatan adalah untuk menjadi bukti adanya kontrak pengangkutan barang. Dokumen ini juga berperan sebagai tanda terima  untuk pengambilan barang oleh penerima saat barang tiba.

Daftar muatan memiliki peranan penting sebagai bukti dalam penyelesaian sengketa atau ketidak sesuaian selama proses pengiriman.

Jenis-Jenis Bill Of Lading

Bill of Lading (B/L) merupakan dokumen penting dalam proses pengiriman barang, terutama dalam perdagangan internasional.

Dokumen ini berisi detail tentang barang yang dikirim dan ketentuan pengiriman yang telah disetujui antara pengirim (ekspor) dan penerima (impor).

Berikut adalah beberapa jenis Bill of Lading yang umum digunakan:

1. Clean Bill of Lading

Ini adalah jenis B/L yang dikeluarkan oleh maskapai pelayaran atau agen pelayaran ketika barang yang dikirim dinyatakan dalam kondisi baik dan bebas dari cacat atau kerusakan. Clean B/L menunjukkan bahwa barang-barang telah dimuat dengan benar dan dalam kondisi yang baik saat pengiriman.

2. Shipped on Board Bill of Lading

B/L ini menunjukkan bahwa barang-barang telah dimuat ke atas kapal pada tanggal tertentu. Shipped on Board B/L memberikan bukti bahwa barang-barang telah dimuat di pelabuhan keberangkatan dan kapal telah meninggalkan pelabuhan.

3. Received for Shipment Bill of Lading

Jenis B/L ini dikeluarkan ketika barang-barang diterima oleh agen pelayaran untuk dikirim, tetapi belum dimuat ke atas kapal. B/L ini memberikan bukti bahwa barang-barang telah diterima untuk dikirim dan akan dimuat ke kapal pada waktu yang ditentukan.

4. Through Bill of Lading

B/L ini digunakan ketika barang dikirim melalui beberapa moda transportasi, misalnya dari kapal ke kereta api atau truk, untuk mencapai tujuan akhirnya. Through B/L mencatat semua moda transportasi yang digunakan selama perjalanan barang.

5. Ocean Bill of Lading

Ini adalah jenis B/L yang dikeluarkan untuk pengiriman barang melalui perairan internasional. Ocean B/L mencatat rute perjalanan kapal dan berbagai detail tentang pengiriman barang melalui laut.

6. Inland Bill of Lading

B/L ini digunakan untuk pengiriman barang di dalam negeri, biasanya melalui transportasi darat atau sungai. Inland B/L mencatat detail perjalanan barang di dalam negeri, termasuk rute transportasi dan titik asal serta tujuan pengiriman.

7. Express Bill of Lading

Jenis B/L ini digunakan untuk pengiriman barang dengan waktu pengiriman yang cepat atau ekspres. Express B/L mempercepat proses pengiriman dan penanganan dokumen, biasanya untuk pengiriman yang mendesak atau dalam jumlah kecil.

Setiap jenis Bill of Lading memiliki fungsi dan karakteristiknya sendiri, dan pemilihan jenis yang tepat sangat bergantung pada kebutuhan pengiriman dan persyaratan kontrak antara pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi perdagangan.

Kesimpulan

Dengan peran krusialnya dalam pengiriman barang, B/L merupakan pondasi yang kokoh dalam industri logistik. Dengan fungsinya sebagai kontrak pengangkutan, bukti penerimaan, dan dokumen kepemilikan, B/L berperan penting dalam memastikan kelancaran, keamanan, dan transparansi dalam proses pengiriman.

Sebagai dokumen yang terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi, B/L terus menerus mengoptimalkan layanannya untuk menjawab tuntutan perdagangan global yang semakin kompleks.

Dengan kehadiran B/L yang andal, industri pengiriman barang dapat terus berkembang dan mendukung pertumbuhan ekonomi dunia.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

Nilai rata-rata 5 / 5. Jumlah vote 2

Belum ada penilaian, jadi yang pertama menilai artikel ini.

Customer Service

Kontak Kami

Contact CS Sumatera
Cut Ayu 0812-5883-396
Contact CS Jawa
Feri 0812-6210-4995
Contact CS Kalimantan
Fitria 0811-6338-050
Contact CS Sulawesi
Rivani 0811-6338-050

Alamat

× Hubungi Kami