Apa itu shipping ? pengertian dan perbedaan Shipping dan Delivery

Apa itu shipping ? pengertian dan perbedaan Shipping dan Delivery

5
(1)

Shipping dalam pengiriman – Tahukah kamu saat Pengiriman barang dan paket ymuncul istilah baru dalam pembelian barang secara online, kata –kata seperti “shipping’ dan “ delivery” mungkin sering muncul. Namun, meskipun kedua  istilah ini terdengar serupa, sebenarnya ada perberdaan diantara keduanya.

Apa itu shipping?

Shipping atau pengiriman adalah proses  mengirim barang dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya. Istilah ini sering digunakan dalam bisnis dan perdagangan internasional, dan kadang kalimat “Shipping” digunakan pengiriman dalam negeri. Pengiriman dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti melalui pengiriman darat, laut, atau udara.

Seberapa Penting Shipping dalam pengiriman barang?

Shipping dalam pengiriman sangat penting dalam proses pengiriman barang. karena melibatkan pengemasan barang dengan benar dan memastikan bahwa barang aman selama perjalanan. Selain itu, perlu diperhatikan dokumentasi yang tepat untuk memastikan bahwa barang dapat menyebrang Negara atau kawasan dengan mudah.

Apa yang mempengaruhi waktu dan biaya Shipping ?

Untuk waktu pengiriman tergantung ukuran dan jenis barang yang dikirim, shipping bisa memakan waktu dari beberapa hari hingga berminggu – minggu. Dan biaya pengiriman barang yang dikeluarkan bervariasi tergantung pada jarak, jenis pengiriman, dan bobot barang. Beberapa jenis pengiriman barang yang umum meliputi pos, ekspedisi, dan kurir.

Apa itu delivery ?

Delivery atau pengiriman adalah proses pengantaran barang ke alamat tujuan yang dilakukan oleh pengirim atau pihak ketiga yang bekerja sama dengan pengirim untuk melakukan pengiriman. Dalam dunia bisnis, delivery juga dapat merujuk pada proses pengiriman produk kepada pelanggan.

Dimana delivey melibatkan pengiriman barang ke alamat  tujuan yang sudah ditentukan oleh si penerima, tidak seperti pengirim yang dapat dilakukan ke berbagai lokasi seperti pelabuhan atau gudang.

Perbedaan Shipping dan Delivery

Setelah mengetahui arti shipping dan, delivery kira-kira apa saja perbedaan shipping dan delivery ?

1 Waktu

Shipping dilakukan sebelum delivery ini berarti bahwa shipping melibatkan proses pengiriman barang dari lokasi asal ke tujuan yang di inginkan. Sedangkan delivery, terjadi setelah pengiriman selesai dan melibatkan pengantaran barang ke alamat tujuan yang telah ditentukan.

  1. lokasi

Shipping dapat dilakukan ke berbagai lokasi seperti pelabuhan atau gudang, sedangkan delivery melibatkan pengiriman barang ke alamat tujuan yang telah ditentukan oleh penerima.

  1. Tanggung jawab

Shipping bertanggung jawab atas pengemasan barang dengan benar, memastikan bahwa mereka aman selama perjalanan, dan meyimpan dokumen yang tepat untuk memudahkan barang menyebrang Negara atau kawasan. Sementara delivery bertanggung jawab atas pengantaran barang ke alamat tujuan yang ditentukan oleh penerima.

  1. Waktu pengiriman

Shipping dan delivery juga berbeda dalam waktu pengiriman. Shipping biasanya terjadi dari beberapa hari bahkan berminggu –minggu, tergantung pada jarak, jenis pengiriman, dan bobot barang. Sedangkan delivery biasanya memakan waktu yang lebih singkat daripada shipping, karna fokus pada pengiriman barang ke alamat tujuan.

  1. Biaya

Biaya shipping dan delivey juga dapat berbeda tergantung pada beberapa faktor. Biaya shipping dapat bervariasi tergantung pada jarak, jenis pengiriman, dan bobot barang. Sedangkan biaya delivery sering kali termasuk dalam biaya pengiriman dan ditentukan oleh pengirim atau pihak ketiga yang melalukan pengiriman.

  1. Risiko kerusakan

Shipping dan delivery memiliki risiko kerusakan berbeda Shipping melibatkan proses pengemasan barang dengan benar dan memastikan bahwa mereka aman selama perjalanan. Namun risiko kerusakan barang tetap ada selama proses pengiriman. Sedangkan delivery melibatkan pengiriman barang ke alamat tujuan yang telah ditentukan oleh penerima, sehingga risiko kerusakan barang dapat terjadi selama proses pengiriman.

  1. Tujuan pengiriman

Shipping sering digunakan dalam konteks berbisnis dan perdagangan internasional, tetapi dapat digunakan pula untuk pengiriman dalam negeri. Sedangkan delivery biasanya digunakan dalam konteks pengiriman barang kepada pelanggan atau penerima yang telah ditentukan.

Istilah Shipping dan delivery

Shipping dan delivery adalah dua istilah yang sering digunakan dalam proses pengiriman barang. Shipping melibatkan pengiriman barang dari lokasi asal ke tujuan yang diinginkan, sementara delivery melibatkan pengiriman barang ke alamat tujuan yang telah ditentukan oleh penerima.

Pertanyaan yang sering ditanyakan

  1. Apa perbedaan antara shipping dan delivery ?

Perbedaan di antara keduanya termasuk lokasi, tanggung jawab, waktu pengiriman, biaya, risiko kerusakan, dan tujuan pengiriman.

  1. Apakah penting untung memahami perbedaan Shipping dan Delivery

Sangat Penting, karena dengan memahami perbedaan di antara keduanya agar dapat melakukan pengiriman barang dengan efektif dan efisien.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

Nilai rata-rata 5 / 5. Jumlah vote 1

Belum ada penilaian, jadi yang pertama menilai artikel ini.

× Hubungi Kami