Arti Overload Dalam Pengiriman Barang

Overload Dalam Pengiriman
Overload Dalam Pengiriman. Mungkin Sebagian orang pernah mengalami hal yang kurang menyenangkan seperti halnya barangnya terlambat datang di karenakan overload. Istilah ini biasanya muncul saat hari-hari besar seperti hari raya idul fitri, idul adhah,natalan dan lainnya.

Tentu saja hal ini akan menjadi masalah bagi kamu yang suka berbelanja melalui online.

Masih banyak orang-orang yang belum mengetahui apa sih maksud dari istilah overload ini di dalam pengiriman? Apa penyebabnya suatu penyedia jasa ekpedisi sampai overload? Dan bagaimana cara menghidari dari masalah overload ini jika kita ingin mengirim barang lewat jasa ekpedisi.

Istilah ini berarti di luar kapasitas, overload dalam pengiriman sendiri maksudnya adalah jika barang yang di kirim terlalu banyak, melebihi  daya tamping yang bisa di jalankan oleh penyedia layanan jasa pengiriman.

Contohnya seperti jika suatu perusahaan penyedia layanan jasa  pengiriman menyanggupi sekitar 1500 paket per hari. Kemudian suatu Ketika ternyata di satu hari itu ternyata paket yang masuk sekitar 2500 paket. Maka dari pihak perusahaan layanan pengiriman pasti  akan kewalahan dalam memperoses 2500 paket itu, karna jumlah paket tersebut sudah diluar kapasitas dari penyedia layanan tersebut.

Efek overload dalam pengiriman

Saat sedang mengalami hal tersebut, maka hampir dari semua paket yang dikirim akan mengalami sedikit keterlambatan

Seperti misalnya barang yang kamu kirim biasa sampai dalam waktu sekitar 1 sampai 3 hari. Nah, jika pwngiriman kamu mengalami overload maka mungkin barang yang kamu kirimkan mungkin bisa mencapai 1 minggu, atau bahkan lebih dari 1 minggu.

Kapan sih biasanya terjadi overload dalam pengiriman

Nah, biasanya kelebihan kapasitas terjadi di saat waktu liburan akhirtahun hari-hari libur seperti idul fitri, idul adha, hari natal, dan lainnya. Di saat-saat itu jumlah pengiriman akan mengalami peningkatang yang sangat signifikan.

Meski begitu, bukan berarti tidak menutup kemungkinan bahwa overload dalam pengiriman juga bisa terjadi hari hari yang biasa. Contohnya Ketika hari biasa ada suatu marketplace yang mengadakan  promo diskon besar besaran dan lainnya. Atau hal lain yang membuat pengirim meningkat sehingga terjadinya overload dalam pengiriman.

Meski begitu ada beberapa tips cara menghidari dari kemungkinan mengatasi agar terhindar dari overload.

Belanja online lebih awal

Kita perkirakan kamu sebagai  penerima barang yang mendapat paket dari situs market place.

Nah, cara mengatasinya agar paket lebih cepat datang lebih awal adalah dengan berbelanja lebih awal sebelum hari hari libur, atau jauh dari hari yang di sebutkan di atas tadi. Misalnya -10 sebelum hari H.

Menggunakan layanan pengiriman tercepat

Di saat kamu ingin mengirimkan paket kamu, kmau akan diberi beberapa layanan durasi pengiriman

Sebagai contoh ,pihak perusahaan ekpedisi menawarkan  jeni layanan

  • Pengiriman paket dengan estimasi waktu sampai 1-5 hari
  • Pengiriman paket dengan estimasi waktu sampai  besok hari

Maka kamu akan memilih yang kedua, yakni  sampai besok hari, karna paket kitab isa mendapat prioritas terlebih dahulu.

Hubungi pihak perusahaan ekpedisi

Jika kamu sudah lama menunggu paket kamu, tetapi telah lewat jauh dari estimasi waktu. Maka kamu harus segera untuk menghubung pihak perusahaan tersebut.Dengan ini, pihak dari perusahan jasa pengiriman akan memberi informasi tentang barang yang kamu kirimkan.

Akhir kata

Di atas adalah beberapa ulasan tentang overload dalam pengiriman.Sebernarnya pasti perusahaan ekpedisi pasti selalu berusaha untuk mengatasi masalah ini. Saat kini mungkin masalah ini sdah mulai tetanngani apalagi jika kami kirim di Mitra Logistics. Kamu tidak usah khawatir lagi karna Mitra Logistics memiliki kapasaitas pengiriman yang banyak dan patinya cepat.

× Hubungi Kami