Kiriman Udara

Kiriman udara – Cargo atau Kargo memiliki arti yang sederhana yakni Semua barang yang dikirim melalui Udara (Pesawat terbang), Laut (Kapal), atau melalui Darat (Truck atau Container) yang dibutuhkan oleh setiap calon customer dengan berbagai fungsi dan kegunaannya baik antar wilayah dan luar Provinsi hingga keluar Negeri yang biasa di sebut dengan Eksporimpor. Dan cargo udara ini merupakan salah satu layanan Mitra Logistics.

Diartikel kali ini, Mitra Logistics akan membahas mengenai Kiriman Udara, sama hal nya dengan pengiriman melalui darat dan laut yang melakukan pengiriman menggunakan Airway bill atau biasa sering di sebut dengan Resi pengiriman namun di kiriman udara ini Airway bill yang di maksud adalah SMU yang berarti Surat Muatan Udara, jadi barang calon customer kami yang di kirim melalui udara  akan memiliki nomor penerbangan atau nomor Surat Muatan Udara sehingga dapat di check melalui tracking udara sesuai dengan airlines masing-masing.

Jangkauan kiriman udara menjangkau keseluruh Indonesia di mana di wilayah tersebut memiliki port atau bandara, sehingga dapat di pastikan dapat di kirim ke kota tersebut. Contohnya Jakarta, Medan, Pekanbaru, Balikpapan, Pontianak, Banda Aceh, Bandarlampung, Palembang, Bandung Dan Surabaya serta wilayah lainnya.

Kelebihan pengiriman melalui udara

Setiap pengiriman memiliki kelebihan masing-masing berdasarkan service yang di terima, berikut adalah kelebihan kiriman udara antara lain :

  1. Faktor kecepatan
  2. Proses kehilangan dan kerusakan tidak terlalu tinggi karena proses pengiriman melalui udara

Di balik kelebihan tersebut ada kekurangan yaitu :

  1. Volume kubikasi terbatas
  2. Berat tonase juga di batasi
  3. Sensitif terhadap kondisi cuaca dan keselamatan penerbangan
  4. Waktu Loading-Unloading yang singkat

Jenis Pesawat Cargo untuk kiriman udara

Hampir semua penerbangan sekarang dapat mengangkut semua pengiriman Seperti penerbangan Garuda, Lion Air, Citilink, Sriwijaya dan Batik Air serta lainnya dan Jenis pesawat yang menggunakan bagasi Pallet adalah :

  1. Air bus
  2. Boeing
  3. Jumbo Jet

Untuk kiriman udara biasaya Mitra Logistics selalu menggunakan standard perhitungan volume yang di hitung berdasarkan dimensi dengan rumus sbb :

P x  L x T / 6.000 = ………… Kg/Volume

Jenis Dan Pengiriman Barang Cargo Via Udara

Lain halnya dengan pengiriman via darat, untuk barang kiriman udara ada jenis-jenis cargo yang dapat di proses melalui udara di antaranya :

  1. Barang General Cargo > yang sifatnya tidak berbahaya dan tidak mudah rusak, busuk atau mudah mati serta ukurannya dapat masuk di dalam ruangan pesawat udara seperti contoh : Kiriman baju (Garment), Sparepart, dan elektronik
  2. Spesial kargo > Barang yang memerlukan penanganan khusus, seperti contoh Live Animal (Hewan hidup) seperti anak ayam , ikan dan ada juga Human remain (HUM) yaitu mayat yang menggunakan peti jenazah. Pada barang no 1 jika barang-barang mudah rusak maka layak menggunakan jenis cargo ini. Ada juga minyak wangi dan Organ tubuh manusia serta kiriman diplomatik.
  3. Dengerous Goods biasa akrab di sebut DG > Contoh barang ini seperti mesin, peluru, petasan, kembang api , barang-barang yang menguap seperti Hydrogen dan barang yang sifatnya cair cair.

Untuk jenis Dengerous Goods (DG) biasaya pihak maskapai penerbangan selalu meminta Bukti MSDS (Material Safety Data Sheet) atau lembar data keselamatan barang biasanya di dalam lembaran tersebut terdapat jenis-jenis barang yang termasuk dalam DG, dan Mitra Logistics selalu mengecek data tersebut berdasarkan Kelas-kelas bahan tersebut dan ada 9 golongan yaitu:

  1. Kelas 1 > Barang yang mudah meledak
  2. Kelas 2 > Barang yuang mudah terbakar jika ditekan
  3. Kelas 3 > Barang yang mudah terbakar bila kena gesekan/api
  4. Kelas 4 > Barang serbuk yang mudah terkena air dan mudah terbakar
  5. Kelas 5 > Barang yang mudah menguap bila dihirup oleh manusia/hewan dan efeknya akan pingsan/mengantuk
  6. Kalas 6 > Barang yang memiliki kandungan racun
  7. Kelas 7 > Barang mengandung radioaktif
  8. Kelas 8 > Barang yang mengandung zat asam
  9. Kelas 9 > Barang yang mengandung magnet yang mempengaruhi kompas pesawat

Jika barang kiriman anda Urgent kenapa harus Via Darat, Kiriman Udara  adalah solusinya

Jika kondisi-nya urgent  atau butuh cepat sampai tapi terkadang calon customer karena ingin biaya murah akhirnya berani mengambil resiko untuk barang di darat yang akhirnya berefek pada komplain kepada barang tersebut, isi barang tersebut bisa saja barang itu mengandung jenis barang mudah rusak dll. Jadi solusi dari kami adalah alangkah barang yang di kirimkan dapat di tangani sesuai dengan batasan dan isi barang tersebut. Lalu bagaimana untuk tarif pengirimannya ?? Tarif pengirimannya jika menggunakan udara yang harus membooking SMU (surat muatan udara) harus minimum 10kg sedangkan  kiriman darat harus minimum 50 atau 100kg tergantung kepada daerahnya.

Kiriman Udara di pilih karena alasan seperti yang sudah kami jelaskan di atas, dari mulai jenis barang, waktu lama pengiriman. MITRA LOGISTICS tidak hanya dapat mengirimkan barang dengan service Laut dan Darat namun di lengkapi dengan kiriman Udara. Service adalah modal utama kami agar tetap mempertahankan calon customer. Jika ada hal yang ingin anda ketahui silahkan dapat langsung menghubungi customer service kami di 0812.5883.387 (Cut Ayu Agustina).

× Hubungi Kami