Apa Itu Cargo?

Bila mendengar kata cargo, pasti banyak di antara kamu yang memikirkan tentang barang yang banyak atau besar, pengiriman barang ataupun ekspedisi. Dalam urusan logistik penggunaan kata cargo tentu saja sangat umum dan tidak asing terdengar, apalagi di zaman sekarang zaman yang modern semua nya sudah bisa online tanpa perlu repot sehingga jasa – jasa logistik di haruskan untuk mampu mengantarkan permintaan barang ke setiap daerah di Indonesia

 

Dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, pendistribusian yang baik harus juga di imbangi di dalamnya. Dan kegiatan pendistribusian tidak lepas dari aktifitas kirim-mengirim barang, pengiriman barang yang bermuatan besar dan tujuan yang jauh bukanlah hal yang mudah, oleh karenya muncul lah yang namanya jasa pengiriman cargo. Lalu apasih itu cargo? Berikut adalah penjelasan nya.

 

Apa Itu Cargo?

Cargo atau kargo di ambil dari bahasa spanyol yang mengarah kepada barang yang memiliki muatan besar yang diangkut untuk keperluan bisnis atau komersial, barang barang yang bermuatan besar itu akan di kirimkan melalui jalur laut, melalui jalur darat dan juga melalui udara dengan jarak yang cukup jauh, bisa antar daerah, provinsi dan juga antar negara.

Kata cargo tidak terlepas dari kata ekspedisi,pada dasarnya hampir tidak ada perbedaan antara kargo dengan ekspedisi, yakni sama – sama memberikan layanan jasa pengiriman barang, lalu apa perbedaan cargo dengan ekspedisi?. Untuk ekspedisi biasanya pengiriman barang dengan jumlah yang terbilang sedikit di bandingkan dengan kargo, yang jumlah pengiriman nya relatif besar.

 

Apa Saja Klasifikasinya?

Berdasarkan penanganannya, ada dua golongan besar yang ada di dalam cargo yaitu general cargo dan spesialis cargo. Berikut adalah beberapa penjelasannya:

  • General cargo

General cargo adalah barang kiriman reguler atau biasa yang tidak di perlukan penanganan khusus untuk menanganinya, tetapi juga harus tetap memenuhi syarat pengiriman barang yang di tetapkan agar barang aman

 

  • Special cargo

Special cargo adalah barang kiriman yang pengurusannya memerlukan penanganan yang khusus atau “special handling” oleh pihak penyedia layanan jasa pengiriman agar tidak mengganggu atau membahayakan dalam perjalanan

Proses Pengiriman Cargo

Berikut adalah beberapa proses pengiriman :

  1. Menentukan Berat Barang Cargo

Untuk proses pertama yaitu menentukan berat barang yang akan di kirim ada dua cara untuk menentukan berat barang kiriman, yaitu berdasarkan volume barang dengan rumus (Panjang x Lebar x Tinggi)/6000 = Volume.

Cara yang kedua adalah dengan menghitung berat asli, perhitungan berat berdasarkan angka yang tertera pada timbangan, hasil dari kedua pengukuran tersebut akan di perhitungkan mana yang lebih besar.

 

  1. Pengisian Airwaybill

Yang akan melakukan pengisian airwaybill adalah petugas dari layanan jasa pengiriman yang di isi dengan lengkap dan jelas.

Sebelum di bawa dengan barang kiriman, airwaybill harus di tanda tangani oleh pengirim terlebih dahulu lalu kurir akan memberikan lampiran sebagai tanda bukti pengiriman.

 

  1. Kemasan (packing)

Hal yang tak kalah penting harus di perhatikan adalah masalah packing. Packing juga dikenal dengan ULD (Unit Load Device) atau muatan cargo. Tidak sembarangan untuk mendisain muatan tersebut karena muatan tersebut harus di presisikan dengan ruangan cargo pesawat untuk memudahkan petugas dalam menghitung weight and balance pesawat

 

 

Beberapa Pihak Yang Terkait Dalam Pengiriman Cargo

Ada tiga pihak utama yang terlibat langsung dalam pengiriman cargo, yaitu:

  • Shipper (Pihak Pengirim)

Dalam pihak pengirim atau shipper bisa berupa perorangan, melalui jasa ekspedisi muatan kapal laut atau udara, dilakukan secara langsung tanpa perantara ataupun badan usaha.

 

  • Carrier (Pihak Pengangkut)

Pihak pengangkut atau carrier bisa berupa cargosalesairline, cargosalesagent, serta airline atau air charter yang fungsi nya menjadi pengangkut cargo

 

  • Consignee (Pihak Penerima)

Consignee atau pihak penerima bisa berupa badan usaha, perorangan, ataupun dalam cargoagent.

 

 

Nah itulah beberapa penjelasan dari cargo yang bisa kami sampai kan tentang pengertian sampai istilah – istilah dan proses yang biasa di gunakan.

 

kebutuhan untuk mengirimkan barang untuk saat ini sangat besar. Mulai dari perusahaan bisnis online, industri kecil hingga bisnis umkm semua membutuhkan jasa pengiriman barang, maka dari itu dengan adanya jasa ekspedisi atau jasa pengiriman barang ini sangat memegang peranan penting bagi masyarakat khusus nya masyarakat di Indonesia.

 

Jika anda membutuhkan jasa pengiriman atau jasa ekspedisi anda dapat menggunakan jasa dari Mitralogistics, dapatkan informasi lainnya dengan menghubungi customer service kami. Terimakasih

 

 

× Hubungi Kami